SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKASatuan Pendidikan : SMAK 7 PENABUR Jakarta
Kelas/Program/Semester : XI / Peminatan / Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Indikator PKBN2K | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Teknik Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri 4.1 Memodelkan dan menyelesaikan | 3.1.1 Menjelaskan pengertian, jenis-jenis dan bentuk persamaan trigonometri. (C1) 3.1.2 Menjabarkan sifat-sifat persamaan trigonometri (C2) 3.1.3 Menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri. (C3) | Kejujuran - Berkata, bersikap dan bertindak benar - Menerima hanya yang menjadi haknya Ketekunan - Mengerjakan tugas secara terus menerus walau banyak rintangan. Ketaatan - Tepat waktu - Taat pada peraturan | Trigonometri - Persamaan Trigonometri | · Mencermati pengertian, jenis-jenis dan bentuk persamaan trigonometri. · Merumuskan sifat-sifat persamaan trigonometri. · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri | Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang berkaitan dengan persamaan dan identitas trigonometri, kemudian membuat refleksi diri.Tes Tertulis Bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata. | 20 JP | · Buku Paket Matematika kelas XI ; Suah Sembiring; Sewu · Buku referensi dan artikel. · Internet. |
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | 3.2.1 Menjelaskan penggunaan jumlah dan selisih sudut sinus dan kosinus. (C1) 3.2.2 Menghitung nilai perbandingan trigonometri menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus. (C2) | Kejujuran - Berkata, bersikap dan bertindak benar - Menerima hanya yang menjadi haknya. Ketekunan - Mengerjakan tugas secara terus menerus walau banyak rintangan. Ketaatan - Tepat waktu - Taat pada peraturan | Trigonometri - Jumlah dan selisih sinus dan cosinus | · Mencermati hubungan antara fungsi sinus dan cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus. · Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan penerapannya pada masalah nyata.· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus. · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang berkaitan dengan Jumlah dan selisih sinus dan cosinus, kemudian membuat refleksi diri.Tes Tertulis Bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian Jumlah dan selisih sinus dan cosinus, serta penerapannya pada masalah nyata. | 28 JP | · Buku Paket Matematika kelas XI ; Suah Sembiring; Sewu · Buku referensi dan artikel. · Internet. |
3.3 Menentukan sudut dalam ruang tiga dimensi acak. 4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan sudut antara garis-garis, garis-bidang, bidang-bidang. | 3.3.1 Menentukan besar sudut antara dua garis dalam ruang (C2) 3.3.2 Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dalam ruang (C2) 3.3.3 Menentukan besar sudut antara dua bidang dalam ruang (C2) | Kejujuran - Berkata, bersikap dan bertindak benar - Menerima hanya yang menjadi haknya. Ketekunan - Mengerjakan tugas secara terus menerus walau banyak rintangan. Ketaatan - Tepat waktu - Taat pada peraturan | Sudut dalam ruang | · Menentukan sudut antara dua garis dalam ruang. · Menghitung besar sudut antara dua garis dalam ruang. · Menentukan sudut antara garis dan bidang dalam ruang. · Menghitung besar sudut antara garis dan bidang dalam ruang. · Menentukan sudut antara dua bidang dalam ruang. · Menghitung besar sudut antara dua bidang dalam ruang. | Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang berkaitan dengan sudut dalam ruang kemudian membuat refleksi diri. Tes Tertulis Bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian sudut dalam ruang, serta penerapannya pada masalah nyata. | 12 JP | · Buku Matematika Geometri Sudut Dalam Ruang Kelas XI; Drs. Nugroho Kristianto, Ir. Widarto Teddy A.D, Eka Susanto · Buku referensi dan artikel. · Internet. |
That's the article: SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS XI
You are now reading the article SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS XI with link address https://tenseishitaraslimedattakennews.blogspot.com/2020/09/silabus-mata-pelajaran-matematika.html
Post a Comment