cara menggunakan tuning penyetelan bass

Hello friends Tensei Shitara Slime Datta Ken, on this occasion the admin wants to share an article entitled cara menggunakan tuning penyetelan bass, we have made good, quality and useful articles for you to read and take information in. hopefully the post content is about alatmusik, Gadget, tipsmusik, which we write you can understand. Alright, happy reading.
kali ini kami akan menjelaskan cara menyetel bass elektrik untuk pemula dengan menggunakan tuning.

Apa itu tuning?


Tuning adalah proses menyesuaikan titik nada instrumen dengan benar.Dalam kasus gitar dan bas dari instrumen senar, itu adalah pekerjaan untuk menyesuaikan titik nada setiap senar sehingga setiap senar memiliki nada yang benar.

Tuning adalah pemeliharaan instrumen paling familiar yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi seperti sebelum latihan sehari-hari, sebelum pertunjukan aktual, dan di antara lagu.

Pentingnya penyetelan

Penyetelan yang paling dikenal adalah pekerjaan yang lebih penting dan rumit daripada yang diperkirakan secara umum.

Dengan memainkan bass dengan setiap senar disejajarkan dengan nada yang benar, performa akan sangat ketat dibandingkan dengan saat nada tidak sinkron. Ini adalah tugas yang cenderung longgar, tetapi hanya melakukan penyetelan ini akan membuat performa Anda menjadi lebih baik. Tuning sama pentingnya dengan latihan sehari-hari. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa apa yang mengontrol tuning mengontrol kinerja.

Cara penyetelan


Seorang tuner sangat diperlukan untuk penyeteman. Dapat dikatakan bahwa yang terpenting bersama mata instrumen adalah Temu.

Ada beberapa jenis, seperti jenis klip yang digunakan dengan cara diapit di antara kepala alas, dan jenis kartu yang tipis dan kecil, namun yang disarankan adalah jenis pedal berbentuk kotak yang digunakan dengan meletakkannya di bawah kaki Anda.

Hal ini diperlukan untuk menyambungkan dengan pelindung (kabel yang menghubungkan bodi dasar dan peralatan lain) atau memasok daya dengan adaptor dll., Tetapi mudah digunakan bahkan selama pertunjukan langsung saat menghubungkan dari basis ke amplifier. Listrik dari basis Karena sinyal dibaca dan disetel, ada keuntungan seperti akurasi tinggi dan lebih sedikit keburaman. Mengingat akan digunakan untuk waktu yang lama, tuner tipe pedal mungkin merupakan opsi yang paling stabil.


Cara menggunakan tuner


Pada dasarnya, cukup tekan (injak) sakelar tuner dengan menghubungkan ke pangkalan dengan perisai. Setelah itu, jika Anda menaikkan volume badan alas , nada akan ditampilkan secara otomatis hanya dengan membunyikan senar.

Untuk nada gitar dan bass, "Doremi Fasorashi" ditampilkan dalam alfabet "CDEFGAB".

Pitch bass adalah "EADG" diurutkan dari senar ke-4 terendah, jadi sesuaikan alfabet yang ditampilkan saat setiap senar dimainkan .

Pertama, sesuaikan nada secara kasar saat memutar pasak sehingga terdengar seperti setiap alfabet.

Kemudian pastikan bahwa meteran yang ditampilkan pada skala (yang menunjukkan seberapa banyak Anda dari suara alfabet) tepat di tengah. Ini akan memberi Anda nada yang tepat.


Latihan penyeteman untuk melatih indra suara

Setelah Anda mengetahui cara menyetem dengan seorang tuner, mari pelajari cara berlatih menyetem senar dengan menggunakan indra suara .

Pitch setiap senar bas berbeda dengan dua setengah nada (lima fret untuk mengubah nada dengan menekan dengan jari Anda) dari senar yang berdekatan. Senar pertama 5 fret lebih tinggi dari senar kedua, senar kedua lebih tinggi 5 fret dari senar ke-3, dan seterusnya. Mari manfaatkan fitur ini dan coba setel agar sesuai dengan nada dengan mendengarkannya.

Caranya sederhana. Pertama, sebagai referensi, sesuaikan hanya suara A dari senar ke-3 dengan tuner.

Karena senar ke-4 lebih rendah 5 fret dari bunyi itu, maka senar ke-5 dari senar ke-4 dan senar terbuka dari senar ke-3 (bunyi memainkan senar ke-3 tanpa menekan apa pun) memiliki nada yang sama. Jadi, putar suara itu pada saat bersamaan. Sambil mendengarkan dengan cermat, sesuaikan suara senar keempat dan fret ke-5 agar memiliki nada yang sama persis dengan senar terbuka pada senar ketiga.

Demikian pula, senar terbuka dari senar kedua memiliki nada yang sama dengan fret ke-5 dari senar ke-3. Mari cocokkan kedua nada ini persis dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Terakhir, cocokkan senar terbuka dari senar pertama dengan fret kelima dari senar kedua.

Dengarkan dengan telinga Anda Setelah menyetel, gunakan tuner untuk menjawab. Mari perbaiki penyimpangan kecil.

Dengan mempraktikkan metode penyeteman yang cocok dengan telinga Anda ini, Anda akan dapat membedakan bahkan sedikit penyimpangan nada. Dan ketika penyetelan tidak sinkron, Anda akan segera menyadarinya. Suaranya sendiri juga akan meningkat. Ini adalah pelatihan suara yang nyaman yang dapat dilakukan dengan mudah. Silakan mencobanya.

Berikut Tuner klasik disarankan

Ini adalah jenis penyetem pedal yang direkomendasikan karena dapat digunakan untuk waktu yang lama, tetapi ada berbagai macam merek yang berbeda.
Jadi kali ini, saya akan memperkenalkan yang standar.
Jika Anda tersesat dalam kedua kasus tersebut, Anda pasti dapat memilih yang ini



KORG hitam pekat PB-1

KORG PB-1 ini adalah salah satu tuner tipe pedal standar. Ini adalah produk dengan desain sederhana, bodi kompak, pengoperasian yang mudah dipahami dan tidak ada keluhan. Bagian dalamnya adalah sistem bypass sejati, dan ini juga merupakan poin yang bagus karena dapat diapit di antara bass dan amplifier tanpa menurunkan kualitas suara. 


BOSS TU-3



Bersama dengan KORG PB-1, TU-3 BOSS, yang terkenal dengan efektor kompaknya, adalah bahan pokok. Memiliki fitur body berbentuk kotak yang bisa dikatakan sebagai lambang dari brand ini. Hanya membunyikan akor dengan menginjak sakelar yang sama dan efektor lainnya, itu adalah operasi sederhana itu, tetapi TU-3 adalah gitar - bass dilengkapi dengan fitur yang disebut mode. Ini adalah fungsi yang nyaman yang secara otomatis membaca dan menampilkan tidak hanya titinada setiap senar tetapi juga berapa banyak senar yang sedang dimainkan. Selain itu, terdapat mode high-brightness yang mudah dilihat meski di tempat gelap.

Ini seharusnya digunakan di live house yang redup , dan itu juga merupakan poin dari TU-3 ini yang dibuat dengan live in mind.

Tuning sangat diperlukan untuk memainkan bass elektrik .
Penyetelan yang benar tidak hanya sekadar mengatur nada, tetapi juga meningkatkan kualitas pertunjukan.

Gunakan penyetem untuk menyetel titinada setiap senar sebelum setiap pertunjukan. Dan silakan coba menyetel dengan suara yang melatih telinga Anda .


That's the article: cara menggunakan tuning penyetelan bass
Thank you for visiting my blog, hopefully it can be useful for all of you. Don't forget to share this article with your friends so they also know the interesting info, see you in other article posts.

You are now reading the article cara menggunakan tuning penyetelan bass with link address https://tenseishitaraslimedattakennews.blogspot.com/2020/09/cara-menggunakan-tuning-penyetelan-bass.html

More Articles

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan In-Feed (homepage)

" target="_blank">Responsive Advertisement

#Advertisement